Kenali secara Dini Gejala ADHD Dewasa (Hiperaktif)

Posted on Updated on

ADHD ( Attention Deficit Hyperactivity Disorder )

Attention deficit hyperactivity disorder ( ADHD ) adalah salah satu masalah perkembangan anak yang paling mudah dikenali, yaitu gangguan pemusatan perhatian, sering disebut dengan istilah hiperaktif. Kondisi ini ditandai dengan kurangnya perhatian pada sesuatu yang dianggap penting, hiperaktif dan impulsif. Saat ini diketahui bahwa gejala ini dapat terus berlanjut sampai usia dewasa (sekitar 60 % kasus). Namun, hanya sedikit orang dewasa yang diidentifikasi atau dirawat untuk gejala ADHD dewasa.

 ADHD

ADHD pada Masa Dewasa

Orang dewasa dengan ADHD mungkin memiliki kesulitan mengikuti arah, mengingat informasi, berkonsentrasi, mengorganisir tugas, atau menyelesaikan pekerjaan dalam batas waktu. Jika kesulitan-kesulitan tersebut tidak dikelola dengan tepat, hal ini  dapat menyebabkan gangguan perilaku, emosi, masalah sosial, dan akademis.

 

Perilaku Umum dan Masalah ADHD Dewasa

Perilaku dan masalah berikut mungkin berasal langsung dari ADHD atau mungkin hasil dari kesulitan penyesuaian, yaitu:

  • Kegelisahan
  • Kebosanan kronis
  • Keterlambatan kronis dan pelupa
  • Depresi
  • Kesulitan berkonsentrasi ketika membaca
  • Kesulitan mengendalikan amarah
  • Masalah ketenagakerjaan
  • Impulsif
  • Toleransi frustrasi rendah
  • Harga diri yang rendah
  • Perubahan suasana hati
  • Keterampilan organisasi miskin
  • Penundaan
  • Masalah hubungan
  • Penyalahgunaan zat adiktif atau kecanduan

Perilaku ini dapat ringan sampai parah dan dapat bervariasi sesuai dengan situasi atau dapat muncul sepanjang waktu. Beberapa orang dewasa dengan ADHD mungkin dapat berkonsentrasi jika mereka tertarik atau bersemangat tentang apa yang mereka lakukan. Orang lain mungkin mengalami kesulitan fokus dalam semua keadaan. Beberapa orang dewasa mencari stimulasi, tetapi orang lain menghindarinya. Selain itu, orang dewasa dengan ADHD dapat ditarik dari pergaulan sosial dan antisosial, atau mereka dapat menjadi terlalu sosial, pergi dari satu hubungan ke hubunyan berikutnya.

Penyebab ADHD Dewasa

Sementara para ahli tidak tahu pasti apa yang menyebabkan ADHD, mereka percaya bahwa gen mungkin memainkan peran penting pada gejala ADHD. Isu-isu lingkungan, seperti paparan rokok, alkohol, atau racun lainnya saat dalam kandungan juga mungkin memainkan peran. Tidak seperti gangguan kejiwaan lainnya, termasuk kecemasan dan depresi, ADHD tidak dimulai pada masa dewasa. Jadi gejala harus telah hadir sejak kecil untuk dapat didiagnosis ADHD dewasa.

Sepuluh Masalah yang dapat Diasosiasikan dengan ADHD Dewasa

Kriteria diagnostik konvensional digunakan untuk ADHD, termasuk gejala yang paling umum yang dikembangkan berdasarkan bagaimana kondisi yang ditampakkan pada masa anak-anak. Gejala ini termasuk pelupa dan melamun berlebihan, serta ketidakmampuan untuk duduk diam, atau konstan gelisah dengan mainan/benda mati. Namun banyak ahli berpikir gejala ADHD dewasa menampakkan diri secara berbeda dan lebih halus. Hal ini dapat menyulitkan kita dalam mengenali dan mendiagnosa ADHD dewasa.

1 : Kesulitan Mengorganisasi

Bagi orang-orang dengan ADHD, peningkatan tanggung jawab pada masa dewasa dapat menyebabkan masalah/gangguan pada pengorganisasian yang lebih jelas dan lebih berbahaya daripada masa anak-anak. Sementara beberapa gejala ADHD pada masa dewasa dapat lebih mengganggu orang lain dan dapat mempengaruhi kualitas hidup mereka.

2 : Gangguan Mengendarai dan Kecelakaan Lalu Lintas

ADHD dewasa dapat mengakibatkan penderita sulit untuk menjaga perhatian pada tugas, sehingga dapat mengalami kesulitan dalam mengemudikan kendaraan. Gejala ADHD dapat membuat beberapa orang lebih cenderung untuk mengalami kecelakaan lalu lintas.

3 : Kesulitan Pernikahan

Banyak orang tanpa ADHD memiliki masalah perkawinan, jadi pernikahan yang bermasalah tidak pasti merupakan penderita ADHD dewasa. Tetapi ada beberapa masalah dalam pernikahan yang sangat mungkin mempengaruhi hubungan mereka dengan penderita ADHD. Jika Anda orang yang menderita ADHD, Anda mungkin tidak mengerti mengapa mitra Anda marah, dan Anda mungkin merasa Anda sedang merengek atau dipersalahkan atas sesuatu yang bukan salah Anda.

4 : Pengalihan yang Ekstrim

ADHD  adalah masalah regulasi perhatian, sehingga ADHD dewasa dapat menyebabkan seseorang sulit untuk menyelesaikan segala sesuatunya dengan berhasil dan dalam ritme yang serba cepat. Banyak orang menemukan pengalihan yang dapat menyebabkan kinerja berkurang. Jika Anda cenderung memiliki gejala ADHD dewasa, Anda mungkin menemukan bahwa panggilan telepon atau email mengalihkan perhatian Anda, sehingga sulit bagi Anda untuk menyelesaikan tugas .

5 : Keterampilan Mendengarkan yang Kurang Baik

Apakah selama pertemuan bisnis/pekerjaan yang panjang topik pembicaraan Anda keluar dari zona yang seharusnya? Masalah/gangguan pemusatan perhatian dalam keterampilan mendengarkan yang kurang baik pada orang dewasa dengan ADHD dapat menyebabkan banyak janji yang tidak ditepati dan kesalahpahaman .

6 : Gelisah, Kesulitan untuk Bersantai

Gejala ADHD ini sering muncul secara berbeda pada orang dewasa dibandingkan dengan ADHD pada anak-anak. Orang dewasa dengan ADHD lebih mungkin untuk menunjukkan kegelisahan/ketegangan atau menemukan bahwa mereka tidak bisa bersantai.

7 : Kesulitan Memulai Tugas

Sama seperti anak-anak dengan ADHD yang sering menunda melakukan pekerjaan rumah, orang dewasa dengan ADHD juga sering “menyeret kaki mereka” ketika memulai tugas yang membutuhkan banyak perhatian. Penundaan ini sering menambah permasalahan yang ada, termasuk masalah di tempat kerja, dan masalah dengan teman-teman.

8 : Keterlambatan Kronis

Ada banyak alasan kenapa orang dewasa dengan ADHD biasanya terlambat. Pertama, mereka sering terganggu dalam perjalanan ke sebuah acara, mungkin banyak hal yang mengganggu perhatian mereka, sampai mereka menyadari bahwa satu jam telah berlalu. Orang dewasa dengan ADHD juga cenderung meremehkan tentang banyaknya waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas, entah itu tugas utama di tempat kerja atau tugas sederhana di rumah.

9 : Luapan Kemarahan

ADHD  sering menyebabkan masalah dalam pengendalian emosi. Banyak orang dewasa dengan ADHD yang cepat untuk meledak-ledak (marah) walaupun hanya masalah kecil. Seringkali orang dewasa dengan ADHD merasa seolah-olah mereka sama sekali tidak memiliki kontrol atas emosi mereka.

10 : Gangguan Memprioritaskan Masalah

ADHD juga dapat mendatangkan masalah dalam hal perencanaan. Seringkali orang dewasa dengan ADHD gagal memenuhi kewajiban besar, seperti tidak menepati batas waktu di tempat kerja, sementara menghabiskan banyak waktu pada sesuatu yang tidak signifikan, seperti mendapatkan skor yang lebih tinggi pada video game.

Apakah Anda termasuk Penderita ADHD Dewasa?

Hanya profesional kesehatan (dokter) yang mempunyai kualifikasi yang dapat membuat diagnosis akurat dari orang dewasa dengan ADHD, tetapi ada beberapa tes skrining diri yang dapat membantu Anda memutuskan apakah akan berkonsultasi dengan dokter tentang gejala ADHD dewasa atau tidak, karena banyak kondisi yang berbeda dapat menyebabkan gejala mirip seperti ADHD dewasa. Tes ini saja tidak dapat mendiagnosis ADHD dewasa.

Apabila setelah berbicara dengan dokter, Anda atau teman Anda didiagnosis dengan ADHD dewasa, Anda harus bekerja sama dengan dokter Anda untuk merancang rencana pengobatan yang terbaik. Seringkali ADHD dewasa diobati dengan kombinasi obat ADHD, seperti Adderall, Konser, Ritalin, atau Strattera, dan terapi penunjang yang lain.

Translated, main source ……  http://www.webmd.com/add-adhd/guide/adhd-adults

One thought on “Kenali secara Dini Gejala ADHD Dewasa (Hiperaktif)

    Mengenal Tunalaras | Oshigita's Page said:
    12 Januari 2014 pukul 9:05 pm

    […] tubuh), tunalaras (yang akan kita bahas), dan tunaganda (kelainan gabungan), serta termasuk autism (ADHD). Mungkin ada di sekitar kita yang ternyata memang mengalami tunalaras, namun tidak mengetahuinya […]

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s