Pemerintah Memang Tak Mau Pendidikan Tinggi Maju

Posted on

Inilah realitas yang terjadi di negeri ini… Manusiawi, jika profesionalitas perlu didukung dengan materi, meskipun hidup sejatinya adalah untuk beribadah pada Sang Maha Pencipta.
Semoga para pemimpin dan pemangku kebijakan negeri ini semakin sadar, bahwa pondasi terkuat dari tegaknya suatu bangsa adalah pendidikan. Dengan sejahteranya taraf hidup pendidik, maka harapannya meningkat pula kualitas pendidikan di negeri tercinta ini. Aamiin.

abdul-hamid.com

Saya akhirnya berhasil menarik kesimpulan.

“Pemerintah memang tak mau pendidikan tinggi maju.”

Sederhananya, segala cara dibuat oleh Pemerintah agar pendidikan tinggi Indonesia tertinggal dan tidak bisa berkompetisi dengan negara lain.

Screenshot 2014-09-01 19.06.48 Perbandingan jumlah tulisan ilmiah karya (peneliti) Indonesia dan (peneliti) Malaysia. Sumber: http://www.scimagojr.com/compare.php?c1=ID&c2=MY&c3=&c4=&area=0&category=0&in=it

Saya mencoba berpikir dengan cara berpikir pembuat kebijakan pendidikan tinggi. Ini hasilnya:

*********************

Pemerintah harus terus membikin dosen tidak memiliki motivasi kerja dan sibuk mencari kerja sampingan. Ya, jangan sampai dosen hidup layak. Makanya jangan dikasih tunjangan kinerja, karena toh tidak akan protes. Kalaupun ada yang protes, pasti dibilang tidak bersyukur sama teman-temannya sendiri. Biar saja pendidikan tinggi tapi pendapatannya rendah. Dibuatkan saja ilusi seakan-akan dosen adalah pekerjaan yang wah, mesti sekolah sampai doktor. Kan lucu juga kalau pendapatan Rektor lebih rendah dari Ka Biro, atau Dekan lebih rendah dari Kabag, atau dosen lulusan Doktor dari Harvard yang belum serdos lebih rendah dari staf non dosen. Aturan mesti dibikin lebih…

Lihat pos aslinya 835 kata lagi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s