Panduan Berbelanja Jaket Kulit untuk Wanita

Posted on

by. Banyu Putro / Oshigita

Kalau dulu pemakaian jaket kulit didominasi oleh kalangan pria karena dianggap sebagai simbol macho dan memiliki image bad boy, sekarang ini banyak wanita yang memakai jaket julit untuk pergi jalan-jalan, pelengkap berkendara (sepeda motor) ataupun berkumpul bersama teman di kafe. Ketika membeli jaket kulit, seringkali kita ragu kapan bisa memakainya karena iklim tropis Indonesia yang panas. Berikut ini beberapa saran yang dapat Anda ikuti untuk memilih jaket kulit yang nyaman tetapi tetap modis.

Menentukan Bahan Jaket Kulit yang Tepat

Kulit yang digunakan untuk membuat jaket kulit seringkali terbuat dari kulit sapi atau cowhide dan lambskin. Perlu kita ketahui bahwa masing-masing kulit memiliki karakteristik sendiri dan kita tidak bisa mengatakan bahwa satu jenis kulit lebih baik dari jenis lainnya.

Jenis kulit yang Anda pilih tentunya menentukan jenis perawatan yang harus Anda lakukan untuk jaket kulit Anda. Kita harus mengetahui cara merawat jaket kulit yang benar untuk menjaganya agar tahan lebih lama. Perawatan disini tidak hanya cara mencuci jaket kulit kesayangannya tetapi juga cara cepat mengatasi noda pada jaket kulit akibat ketumpahan kopi atau pun terkena makanan berlemak.

Jaket kulit yang asli cenderung lebih kaku dari jaket kulit imitasi namun tetap memiliki tekstur yang halus serta memiliki aroma kulit yang khas.

Mayoritas jaket kulit terbuat dari kulit sapi. Selain harga bahan bakunya yang relatif lebih murah namun kulit sapi juga memiliki kualitas yang sangat baik seperti kuat dan tahan terhadap air dan debu serta tahan lama.
Namun jika Anda menginginkan jaket kulit yang lebih elegan dan memiliki tekstur yang lembut Anda dapat beralih ke jaket kulit yang terbuat dari kulit kambingdan /domba. Jaket dari kulit kambing dan /domba cenderung lebih ringan sehingga lebih nyaman digunakan untuk anda yang memiliki mobilitas tinggi.

Kualitas jaket yang terbaik adalah yang terbuat dari kulit domba. Karena jaket yang terbuat dari bahan ini lebih ringan dan memiliki pori-pori yang lebih kecil sehingga terlihat lebih mulus ketimbang jaket dari kulit kambing. Keunggulan lain jaket yang terbuat dari kulit domba adalah jumlah jaitan yang lebih sedikit sehingga tampilannya semakin mewah dan elegan.

Jaket Kulit 'Domba', made in: Sukaregang, Garut. Foto by: Oshigita, 2012.
Jaket Kulit ‘Domba’, made in: Sukaregang, Garut. Foto by: Oshigita, 2012.

Menentukan Model Jaket Kulit

Salah satu model jaket kulit yang paling digemari dan ini tidak pernah ketinggalan jaman adalah rider jacket atau biker jacket. Meskipun Anda membelinya 10 tahun lalu tetap saja model tersebut tidak akan terlihat kuno jika Anda gunakan saat ini.
Jaket kulit model ini memberikan kesan simple dan kasual serta tidak perlu repot karena dengan kaos pun anda dapat mendapatkan kesan yang sangat berbeda bila dipadukan dengan jaket kulit ini.

Biker jacket memiliki banyak variasi antara lain pada bagian ritsleting dan warna. Jika Anda suka sesuatu yang simple dan tidak terlalu mencolok pilihlah risleting lurus dan warna yang tidak mencolok seperti hitam atau coklat tua. Namun jika ingin lebih menunjukan lekukan tubuh anda maka pilihlah biker jacket yang memiliki ritsleting menyamping karena dengan desain seperti ini lekukan tubuh Anda akan terlihat lebih jelas. Dan Anda dapat memilih warna yang lebih terang seperti merah atau biru supaya meningkatkan efek tersebut.

Dalam memilih jaket kulit tidak kalah penting adalah potongan dan ukuran jaket yang akan Anda beli. Jangan sampai Anda membeli jaket kulit yang berukuran terlalu besar atau terlalu kecil karena idealnya jaket untuk jaket kulit Anda harus memberikan ruangan sekitar 1 cm pada seluruh sisinya sehingga ketika Anda seleting jaket tersebut tidak akan terlihat terlalu ketat.

Kisaran Harga Jaket Kulit

Dari sisi harga dapat dikatakan jaket kulit relatif lebih mahal dari jaket dari bahan lainnya. Namun perlu diingat karena jaket kulit tahan lama dan modelnya everlasting maka tidak ada salahnya Anda keluarkan kocek lebih dalam untuk mendapatkan jaket kulit dengan kualitas baik.

Jaket kulit yang tidak bermerek biasanya akan berkisar diharga 800 ribu rupiah hingga 1,5 juta rupiah. Jaket dari kulit domba dihargai lebih mahal daripada kulit sapi. Namun untuk jaket kulit dari merek desainer terkemuka harganya berkisar mulai dari 3 juta rupiah.

Mudah-mudahan tips di atas memudahkan Anda menemukan jaket kulit yang tidak hanya keren tetapi juga nyaman ^_^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s