Nyeri Ligamentum Rotundum pada Kehamilan

Posted on

Oleh: Gita Kostania

Ligamentum rotundum terletak pada sisi uterus, yaitu di bawah dan di depan insersi tuba falopii. Ligamentum ini melintasi/bersilangan pada lipatan peritoneum, melewati saluran pencernaan dan memasuki bagian depan (atas) labia mayora pada sisi atas perineum. Ligament terdiri atas otot halus yang meluas yang terhubung dengan otot halus uterus. Jaringan otot ini memungkinkan ligamentum rotundum mengalami hipertropi selama kehamilan, dan merupakan pokok peregangan dari pembesaran uterus. Secara anatomi, hal ini menyebabkan ligamentum rotundum dapat meningkatkan lebar pembesaran uterus memasuki abdomen. Nyeri pada ligamentum rotundum diakibatkan oleh peregangan dan tekanan yang besar pada ligament oleh pembesaran uterus. Hal ini merupakan ketidaknyamanan yang umum, dan harus dapat dibedakan dari gangguan gastrointestinal dan penyakit-penyakit pada organ-organ abdomen (appendicitis, peradangan saluran kemih, ulkus peptikum, dll). Ciri-ciri yang menjadi perbedaan adalah peningkatan nyeri pada daerah abdomen, dimana dari beberapa kondisi yang telah disebutkan tadi, nyeri ligamentum rotundum ini sangat khas, yaitu hanya pada ligament.

ligamentum rotundum

Gambar 1. Ligamentum Rotundum (LR) pada Kehamilan

Tindakan untuk mengatasi ketidaknyamanan ini tidak selalu efektif. Nyeri ligamentum rotundum merupakan salah satu ketidaknyamanan yang sering dikeluhkan oleh ibu hamil. Penjelasan tentang fisiologi terjadinya nyeri paling tidak dapat mengurangi/meringankan kecemasan/ketakutan dan dapat membantunya dalam mengatasi nyeri. Upaya tambahan untuk mengurangi nyeri ligamentum rotundum, yaitu: a) menekuk lutut sampai menyentuh abdomen; b) mengalihkan nyeri untuk mengurangi peregangan pada ligament; c) memiringkan pelvis; d) mandi air hangat; e) gunakan bantalan pemanas pda area yang terasa sakit hanya jika tidak terdapat kontraindikasi; f) gunakan sebuah bantal untuk menopang uterus dan bantal lainnya yang diletakkan di antara lutut sewaktu dalam posisi berbaring miring; g) menggunakan korset penopang abdomen.

Referensi:

  1. Bobak, Lowdermilk, Jensen (Alih bahasa: Wijayarini, Anugerah). 2005. Buku Ajar Keperawatan Maternitas, edisi 4. EGC, Jakarta.
  2. Fraser, Cooper (Alih bahasa: Rahayu, et.al.). 2009. Myles, Buku Ajar Bidan, edisi 14. EGC, Jakarta.
  3. Varney. 1997. Varney’s Midwifery, 3rd Edition. Jones and Bartlett Publishers, London UK.
  4. Varney, Kriebs, Gegor. 2002. Buku Ajar Asuhan Kebidanan, Edisi 4, Volume 1. EGC, Jakarta.

Bagian dari postingan sebelumnya …

One thought on “Nyeri Ligamentum Rotundum pada Kehamilan

    […] Nyeri Ligamentum Rotundum […]

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s