Keluhan Heart Burn pada Ibu Hamil

Posted on Updated on

Oleh: Gita Kostania

Heartburn / panas perut merupakan suatu ketidaknyamanan dimana ibu merasakan panas pada perutnya, dapat dimulai pada trimester dua kehamilan dan semakin bertambah seiring dengan bertambahnya umur kehamilan, serta dapat menghilang pada saat persalinan. Panas perut merupakan suatu istilah untuk regurgitasi atau refluks dari asam lambung ke esophagus bagian bawah karena gerakan peristaltik yang membalik. Isi dari asam lambung menjadi asam karena cairan asam hidroklorid di perut. Keasaman ini menyebabkan sensasi terbakar pada tenggorokan dengan rasa yag tidak enak. Kemungkinan penyebab keluhan ini dapat disebabkan oleh: a) relaksasi dan atau penurunan motalitas saluran pencernaan akibat peningkatan progesterone, b) penekanan lambung oleh karena pembesaran uterus, c) berkurangnya/sempitnya ruang abdomen karena desakan dari pembesaran uterus.

heartburn02

Gambar 1. Gambaran terjadinya Heart Burn, yaitu sensasi terbakar pada daerah tenggorokan dan dada

Untuk mengatasi keluhan tersebut, dapat dilakukan: a) makan dalam porsi kecil namun sering, untuk menghindari penuhnya saluran pensernaan, dan hindari makan makanan berat sebelum tidur, b) pertahankan postur tubuh yang baik (tegak, tidak bungkuk) guna menyediakan ruang yang cukup untuk fungsi abdomen, c) lakukan stretching / peregangan bagian lengan ke atas kepala untuk memberikan ruang yang cukup bagi fungsi abdomen, d) hindari makanan pedas, berbumbu tajam dan berlemak, lemak dapat menghambat motalitas saluran pencernaan dan sekresi asam lambung yang dibutuhkan dalam sistem pencernaan, e) hindari makan makanan yang sangat dingin, f) hindari makan bersamaan dengan minum, beri jeda antara makan dan minum, g) hindari berbaring setelah makan, h) minum susu rendah lemak dan atau es krim rendah lemak pada sebagian wanita hamil dapat membantu.

Referensi:

  1. Bobak, Lowdermilk, Jensen (Alih bahasa: Wijayarini, Anugerah). 2005. Buku Ajar Keperawatan Maternitas, edisi 4. EGC, Jakarta.
  2. Fraser, Cooper (Alih bahasa: Rahayu, et.al.). 2009. Myles, Buku Ajar Bidan, edisi 14. EGC, Jakarta.
  3. Varney. 1997. Varney’s Midwifery, 3rd Edition. Jones and Bartlett Publishers, London UK.
  4. Varney, Kriebs, Gegor. 2002. Buku Ajar Asuhan Kebidanan, Edisi 4, Volume 1. EGC, Jakarta.

Bagian dari postingan sebelumnya

One thought on “Keluhan Heart Burn pada Ibu Hamil

    […] Heartburn (Panas Perut) […]

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s