Kegel’s Exercise (Senam Kegel)

Posted on

Senam kegel adalah senam yang dilakukan untuk memperkuat otot- otot dasar panggul terutama otot pubococcygeal sehingga seorang wanita dapat memperkuat otot-otot saluran kemih dan otot-otot vagina. Otot-otot dasar panggul atau otot PC (PuboCoccygeal Muscle) merupakan otot yang melekat pada tulang-tulang panggul seperti ayunan dan berperan menggerakkan organ-organ dalam panggul yaitu rahim, kandung kemih, dan usus. Nama senam ini diambil dari penemunya Arnold Kegel, seorang dokter spesialis kebidanan dan penyakit kandungan di Los Angeles sekitar tahun 1950-an. Dalam perkembangannya, senam Kegel tidak hanya dilakukan oleh wanita, namun juga pria.

images (1)

Adapun manfaat dari senam kegel antara lain :

  • Meningkatkan kepuasan seksual pada saat berhubungan seks karena lebih kuatnya daya cengkeram vagina
  • Mencegah terjadinya ambein atau wasir
  • Mencegah terjadinya ‘ngompol kecil’ saat bersin dan batuk
  • Pada pria, membantu mengatasi keluhan ejakulasi dini.

Proses kehamilan dan proses persalinan dapat menjadi beban yang berat bagi otot-otot dasar panggul, untuk itu wanita perlu melatih otot-otot PC-nya dengan melakukan senam Kegel (Kegel’s exercise). Pada kehamilan, persalinan dan nifas, senam Kegel bermanfaat untuk:

  • Membantu mengatasi ketidaknyamanan pada kehamilan
  • Mencegah robeknya perineum (meningkatkan elastisitas perineum)
  • Mengurangi kemungkinan masalah urinasi seperti inkontinensia paska persalinan
  • Mengurangi resiko terkena hemoroids (ambein)
  • Mempermudah proses persalinan (otot kuat dan terkendali)
  • Mempercepat pemulihan otot-otot dasar panggul setelah melahirkan.

Senam ini dapat dilakukan kapan dan dimanapun serta dalam keadaan apapun. Namun, sebaiknya dalam posisi tubuh tegak sempurna, tulang belakang lurus dan dada membusung (duduk atau berdiri) dengan keadaan kandung kemih kosong (tidak berkeinginan untuk miksi/buang air kecil), yaitu: dengan menahan/menarik bagian otot-otot dasar panggul seperti ketika menahan miksi, tahan beberapa detik kemudian lepaskan. Selengkapnya:

  • Lakukan seolah-olah sedang menahan buang air kecil dan buang angin sekaligus, rapatkan otot liang vagina dan liang dubur sekaligus sampai dinding otot perut juga tertarik “masuk”, dan tahan napas.
  • Tahan  posisi ini sekitar 10 detik, caranya: hitung angka 1001, 1002, 1003… sampai 1010), jika belum bisa 10 detik, coba dulu 5 detik dan bertahap semakin lama.
  • Setelah mencapai  10 detik, kendurkan kembali semua otot, relaks, buang napas, dan ambil napas secara teratur, lakukan sekitar 4 detik dan ulangi lagi “kontraksi” buatan ini.
  • Secara bertahap tingkatkan lama menahan kencing 15 detik, 20 detik, dan seterusnya.
  • Lakukanlah secara serial setidaknya 6-12 kali tiap latihan, dan lakukan latihan ini dengan sabar hingga sekitar 6 kali sehari, lebih sering lebih baik.

Dengan mengetahui banyaknya manfaat senam Kegel, maka diharapkan setiap wanita melakukan senam ini kapan dan di manapun, serta tanpa mempertimbangkan status reproduksinya. Selamat mencoba, dan selamat berbagi.

~G~ berbagai sumber.

One thought on “Kegel’s Exercise (Senam Kegel)

    […] otot-otot dasar panggul seperti ketika menahan miksi, tahan beberapa detik kemudian lepaskan. Selengkapnya… Lakukan latihan ini dengan sabar hingga sekitar 6 kali sehari, lebih sering lebih […]

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s