Strategi Lebih Sehat, Langsing dan Awet Muda

Posted on Updated on

Oleh: Gita Kostania

Menjadi langsing, namun tetap sehat dan awet muda merupakan hasil akhir dari diet yang sehat. Dan tentunya olah raga teratur menjadi bagian yang tidak terpisahkan. Sempatkan olahraga tiap harinya, walau hanya 10 menit latihan.

Berikut, beberapa tips agar kita tetap sehat dengan badan yang langsing dan tentunya awet muda.

1)      Makanlah hanya di tempat tertentu.

Makanlah di ruang makan rumah Anda. Buatlah ruang makan nyaman dan bersih, sehingga kita ‘betah’ berada di ruang makan. Hindari makan di ruang tamu, ruang TV atau kamar tidur. Makan di ruang makan akan membuat kita focus dalam menikmati makanan yang telah tersedia. Dengan menikmati makanan, akan menghindari kita dari makan berlebihan akibat makan terlalu cepat. Rasa kenyang dan puas baru akan muncul di otak setelah makan kira-kira 20 menit. Jadi apabila kita makan terlalu cepat, ketika rasa kenyang dan puas itu muncul, kemungkinan kita sudah terlalu makan banyak.

2)      Tidak menghitung gigitan.

Biasanya kita akan makan makanan kecil sambil mengerjakan pekerjaan lain, menonton TV atau saat santai. Kita pikir hal tersebut tidak masuk hitungan kalori, terlebih lagi makanan kecil jarang sekali membuat kita kenyang. Padahal, makan-makanan kecil yang tidak terkontrol justru akan mengakibatkan banyak timbunan lemak di tubuh. Cara mengatasinya, buatlah komitmen dengan diri kita sendiri, bahwa kita tidak akan makan saat bekerja, atau sat nonton TV. Buat juga catatan makanan (jika perlu). Hal ini tidak hanya akan membantu menyadarkan betapa banyak kita makan, tetapi juga membuat berfikir dua kali untuk mengkonsumsinya.

3)      Jangan makan sambil melamun.

Kadang saat ada banyak hal yang menyita perhatian kita, seringkali kita makan sambil memikirkan hal tersebut (malamun). Hal ini secara tidak sadar dapat membuat kita makan terlalu banyak tanpa disadari. Seringkali makan bukan karena lapar, tetapi karena kompensasi hal tersebut. Nah, untuk itu perhatikan pada saat kapan muncul keinginan makan tersebut, apakah saat marah, panic, frustasi, atau ingin merayakan sesuatu. Jadi setiap kali menyentuh makanan, tanyakan pada diri sendiri apakah memang lapar ?! tan da kita memang benar-benar lapar adalah, sat kita merasa lapar kemudian makan, maka rasa tersebut akan hilang. Namun apabila kita lapar karena alasaaan tertentu, maka dengan makan tidak akan membuat kita kenyang. Rasa haus juga dapat membuat kita mengira sedang lapar. Meskipun demikian, tetap kita tidak boleh menunda-nunda waktu makan. Saat kita terlambat makan, maka metabolism tubuh langsung melambat, sehingga kalori yang masuk baik berupa protein, karbohidrat, atau lemak alngsung disimpan sebagai lemak. Untuk itu, disiplinlah dalam menjaga pola makan, makan sebelum lapar dalam kondisi sadar, dengan merasakan setiap suapan dan menikmati makanan tersebut, pastikan bahwa kita sudah selesai mengunyah makanan sebelum suapan berikutny, serta berhenti sebelum kenyang.

4)      Ngemil secara cerdas.

Apabila kita termasuk orang yang tidak bisa tatap merasa kenyang tanpa ngemil, maka ganti camilan kita dengan makanan kecil yang sehat, rendah lamak dan rendah kalori, sebaiknya tinggi serat seperti buah atau sayuran. Dapat juga berupa kacang-kacangan (secukupnya) seperti: kacang almond, kenari, kedelai, atau yang lainnya, dan sebaiknya tidak digoreng dengan minyak. Ngemil secara cerdas dapat juga dengan merubah pola makan menjadi lebih banyak namun porsi kecil. Contoh, biasanya makan tiga kali sehari, namun diubah menjadi enam kali sehari porsi sedikit. Sehingga apabila diakumulasikan jumlah kalori sama dengan apabila makan tiga kali sehari. Ternyata makan porsi sedikit namun lebih sering, menurut penelitian yang dilakukan University of Toronto Canada, dapat menurunkan resiko terkena serangan jantung, lebih rendah kadar kolesterolnya, dan tidak mengalami penuaan arteri lebih dini diabanding orang yang makan lebih jarang dengan porsi banyak.

5)      Jaga porsi makan.

Memperhatikan porsi makan yang kita makan adalah cara yang baik untuk mengatur jumlah kalori yang masuk dan mengontrol berat badan. Gunakan kepalan tangan untuk mengukur sebagai patokan, karena lambung kita sebesar kepalan tangan. Mengkonsumsi makanan melebihi kepalan tangan akan membuat lambung mengembang melebihi bat kennyamanan dan kesehatan. Makanlah secukupnya yang dibutuhka tubuh, berhentilah sebentar sebelum menghabiskan makanan dan berhentilah makan sebelum perut benar-benar terasa kenyang dan penuh.

6)      Kurangi porsi makan.

Walaupun kita sedang tidak dalam program penurunan berat badan, namun tetap pikirkan porsi makan yang kita konsumsi dengan mengontrol porsi makan, kita tidak akan menjumpai lemak-lemak yang menonjol disana-sini karena banyaknya makanan yng dikonsumsi. Kalau biasanya kita makan dengan piring besar dan cembung, maka gantilah dengan piring yng lebih kecil dan lebih pipih. Hal ini akan mengubah mindset otak kita, karena kita cenderung menghabiskan makanan yang tersaji di piring. Mengurangi porsi makan 10% tiap kali makan dari porsi biasa, tidak akan terlalu menjadi beban bagi kita karena jumlahnya tidak begitu terasa.

7)      Puasa tiap bulannya.

Salah satu tips sehat ala Rosullullah SAW adalah dengan menjalankan puasa sunah tiap bulannya. Puasa yang dilakukan bisa setiap Senin dan kamis, atau setiap tanggal 13, 14 dan 15 tiap bulan (kalender Hijriyah). Salah satu keuntungan lain dengan rutin menjalankan puasa sunah adalah dapat membuat kita tetap awet muda. Puasa juga merupakan cara yang tepat untuk mendetoksifikasi tubuh kita dari berbagai macam racun yang mengendap di tubuh. Tentunya puasa yang dilakukan adalah puasa yang benar, dimulai dari sahur sebelum fajar dengan mengkonsumsi makanan yang berprotein tinggi diimbangi juga dengan cukup cairan, dan diakhiri dengan berbuka secukupnya. Prinsip berpuasa adalah mengatur ulang jadwal makan sesuai kaidah berpuasa (tata cara Islam), dengan tidak mengurangi porsi nutrisi yang harus dikonsumsi sesuai BMR (Basal Metabolism Rate), serta cukup cairan dan serat.

Gambar: Jadwal Puasa Wajib dan Sunnah Tahun 2014

?????

Nah, bagaimana?! Kira-kira bisa dijalani?! Ingat, bahwa kerja keras dalam mengupayakan kesehatan kita pasti akan terbayar. Jangan pernah berfikir bahwa kita bisa langsing hanya dalam waktu semalam. Jadikan ini sebagai bagian dari gaya hidup kita, dengan kata lain tetap kita jalani sepanjang kita hidup.

Kenali tubuh dan kepribadian kita agar kesehatan optimal mudah diraih. Salam sehat, langsing dan awet muda.

#berbagai sumber.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s