Pengenalan Internet

Posted on Updated on

Materi 6, Pertemuan 4, MK.Komputer.

Materi PPT (Pdf) : 4-AplikasiInternet

I.      Pokok Bahasan

A.    Pengertian Internet

B.    Web Browser

C.    Alamat Internet dan Hyperlink

D.    Memulai Internet

E.     Menyimpan dan Mendownload

F.     Mencetak Halaman Web

G.    Web Mail (E-Mail)

H.    PubMed

I.     Portal Garuda

II.    Uraian Materi

A.     Pengertian Internet

Secara teknis, Internet (interconnection network) adalah dua komputer atau lebih yang saling berhubungan membentuk jaringan komputer sehingga meliputi jutaan komputer di dunia (internasional), yang saling berinteraksi dan bertukar informasi. Jenis jaringan yang sering secara umum dibagi dalam 3 kelompok :

1.      LAN (local Area network) jaringan yang terdiri dari dua komputer atau lebih dalam satu batas area saja

2.      MAN (metropolitan area network)

3.      WAN (wide area network).

Internet menyediakan akses untuk layanan telekomunikasi dan sumber daya informasi untuk jutaan pemakainya yang tersebar di seluruh dunia.

Dari segi ilmu pengetahuan, internet merupakan sebuah perpustakaan besar yang didalamnya terdapat jutaan (bahkan milyaran) informasi atau data yang dapat berupa text, grapich, audio maupun animasi dan lain-lain dalam bentuk media elektronik. Orang bisa “berkunjung” ke perpustakaan tersebut kapan saja dan dimana saja.

Dari segi komunikasi, internet adalah sarana yang sangat efisien dan efektif untuk melakukan pertukaran informasi jarak jauh maupun di dalam lingkungan perkantoran.

Untuk dapat terhubung ke internet, maka diperlukan:

1.      1 (satu) unit komputer

Seperangkat komputer tidak dapat berfungsi, jika tidak mendapat dukungan software (program yang berada didalam komputer). Adapun software yang diperlukan untuk terhubung ke internet adalah web browser. Lebih lanjut mengenai web browser akan dibahas pada poin selanjutnya.

2.      Media Komunikasi

Media komunikasi yang digunakan bisa berupa saluran telepon, satelite, wireless, fiber optik, kabel UTP, BNC atau yang lain.

3.      ISP (Internet Service Provider)

ISP adalah suatu perusahaan yang menyediakan atau menawarkan jasa layanan untuk berhubungan ke Internet atau biasanya juga disebut sebagai pintu gerbang ke Internet. Kita perlu mendaftarkan diri untuk mendapatkan user ID atau keanggotaan dari ISP agar kita bias tersambung ke internet. contoh ISP yang biasa digunakan di Indonesia antara lain Wasantara, Telkomnet, Indonet, CJY-net dan lain-lain. Adapun sekarang terdapat layanan bersifat semi ISP artinya kita bisa mengakses internet tanpa harus berlangganan ke ISP tertentu. Biaya pemakaian dihitung berdasarkan detik atau menit pemakaian. Layanan tersebut dapat kita dapatkan di TelkomNet@instant milik Telkom.

4.      Modem

Modem adalah perangkat hardware tambahan antara komputer dengan line telepon. Kata modem berasal dari kata Modulasi Demodulasi yang bisa diartikan sebagai proses perubahan denyut elektronis dari komputer menjadi suara/audio (modulasi) sehingga dapat dikirim lewat telepon. Modem penerima akan mengubah nada suara tadi menjadi denyut elektronis kembali untuk diproses selanjutnya oleh komputer (demodulasi).

 

B.     Web Browser

Browser berasal dari kata browse. Browse dapat diartikan sebagai melihat-lihat atau membaca-baca, maka browsing dapat diartikan: melihat, membaca, membuka salah satu situs di internet. Sedangkan Browser merupakan perangkat lunak (software) yang menyediakan fasilitas guna melakukan browse. Fungsi utama dari web browser ini adalah agar user dapat terhubung dengan internet. Beberapa software web browser  yang sering digunakan diantaranya: Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera, Netscape Navigator, Google Chrome, dll.

Masing-masing Browser memiliki kelebihan dan kekurangan, masing-masing menerapkan teknologinya sendiri. Tetapi fungsi utamanya sama, yaitu menyediakan kotak pencarian dan menampilkan informasi yang tersedia di Internet (text, image, video, dsb), sehingga mudah kita nikmati. Browser adalah antar-muka (interface) antara user dan Internet.

Kita tidak melihat proses sebenarnya yang dikerjakan browser ini, kita tidak melihat proses di balik layar yang sebenarnya terjadi. Yang kita tahu, sebagai user/pengguna, kita mengetikkan sesuatu atau meng-klik di halaman web dan melihat tampilan muncul dan menghilang silih berganti mengikuti kemauan user (yang dilakukan user).

 

C.     Alamat Internet dan Hyperlink

Membicarakan tentang internet, tidak lepas dari situs web/website dan homepage. Situs web/website dapat diartikan sebagai kumpulan halaman-halaman web (web page) yang digunakan untuk menampilkan informasi-informasi (gambar gerak dan atau suara, dll) yang bersifat statis maupun dinamis yang terdapat di WWW (World Wide Web). Sedangkan homepage adalah istilah untuk menyebut halaman pertama yang akan muncul jika sebuah situs web diakses.

Domain name atau biasa disebut nama domain adalah alamat permanen situs di dunia internet yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah situs atau dengan kata lain domain name adalah alamat yang digunakan untuk menemukan situs kita pada dunia internet. Istilah yang umum digunakan adalah URL (Universal Resource Locator). Contoh sebuah URL adalah http://www.google.com, dapat juga tanpa www. URL terdiri dari 4 bagian penting, yaitu:

1.      Nama protocol (protocol adalah aturan-aturan atau standar yang membuat komputer dapat saling berbagi informasi)

2.      Lokasi dari situs, contohnya WWW (World Wide Web)

3.      Nama organisasi yang mengatur situs

4.      Sebuah akhiran yang mengidentifikasikan jenis dari organisasi.

Contoh: pada alamat web http://www.google.com , http merupakan nama protocol, dimana web server ini menggunakan Hyper Text Transfer Protocol. Bagian kedua www, menunjukkan lokasi situs ini berada dalam World Wide Web. Bagian ketiga google, menunjukkan bahwa web server ini berada di google yang mengatur situsnya. Sedangkan bagian keempat com adalah institusi/ perusahaan yang bersifat komersial.

Beberapa nama domain yang sering digunakan dan tersedia di internat adalah generic domain dan country specific domain.

1.      Generic Domain

Generic domain merupakan domain name yang berakhiran dengan .com,  .net, .org, .edu, .mil, atau .gov. Jenis domain ini sering juga disebut top level domain dan domain ini tidak berafiliasi berdasarkan negara, sehingga siapapun dapat mendaftar. Generic domain menunjukkan sifat organisasi/perusahaan, dibedakan menjadi :

a.      co, com   = perusahaan komersial

b.      net          = penyedia jasa koneksi Internet / jaringan

c.       or, org    = organisasi non profit atau yayasan

d.      go, gov   = lembaga pemerintahan

e.      mill         = lembaga kemiliteran

f.       edu         = lembaga pendidikan atau Universitas

g.      ac           = pendidikan, universitas, akademi, dll.

2.      Country Spesific Domain

Country specific domain yaitu domain yang berkaitan dengan dua huruf ekstensi, dan sering juga disebut second level domain, seperti .id(Indonesia), .au(Australia), .jp(Jepang) dan lain lain. Domain ini dioperasikan dan didaftarkan di masing-masing negara. Di Indonesia, domain-domain ini berakhiran, .co.id, .ac.id, .go.id, .mil.id, .or.id, dan pada akhir-akhir ini ditambah dengan war.net.id, .mil.id, dan web.id. Penggunaan dari masing-masing akhiran tersebut berbeda tergantung pengguna dan pengunaannya, antara lain:

a.      .co.id : untuk badan usaha yang mempunyai badan hukum sah

b.      .ac.id : untuk lembaga pendidikan

c.       .go.id : khusus untuk lembaga pemerintahan Republik Indonesia

d.      .mil.id : khusus untuk lembaga militer Republik Indonesia

e.      .or.id : untuk segala macam organisasi yand tidak termasuk dalam kategori “ac.id”,”co.id”,”go.id”,”mil.id” dan lain

f.       .war.net.id : untuk industri warung internet di Indonesia

g.      .sch.id : khusus untuk Lembaga Pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan seperti SD, SMP dan atau SMU

h.      .web.id : Ditujukan bagi badan usaha, organisasi ataupun perseorangan yang melakukan kegiatannya di Worl Wide Web.

Nama domain dari tiap-tiap situs di seluruh dunia tidak ada yang sama sehingga tidak ada satupun situs yang akan dijumpai tertukar nama atau tertukar halaman situsnya. Untuk memperoleh nama dilakukan penyewaan domain, biasanya dalam jangka tertentu (tahunan).

Ketika kita mengetikan alamat internet  contohnya seperti http://www.yahoo.net/  ke dalam Address Bar (alamat situs pencarian pada halaman web browser) dan klik Go atau menekan Enter, maka isi informasi institusi itu akan muncul dalam Workspace. Informasi yang muncul itulah yang disebut situs web (website).

Di dalam situs web biasanya kita akan melihat teks yang warnanya berbeda, bergaris bawah atau berada dalam kotak (tombol). Inilah yang disebut hyperlink atau link. Jika bagian ini diklik, kita akan dibawa ke halaman web lainnya. Kita akan mengetahui bahwa teks tersebut aktif (link) karena jika melewatkan pointer mouse di atasnya, pointer itu berubah menjadi pointing finger.

 

D.     Memulai Internet

Untuk memulai menjalankan program internet, diawali dari membuka web browser. Apabila kita ingin menggunakan Mozilla Firefox, maka setelah komputer kita dihubungkan dengan internet (Wi Fi, modem, jaringan telepon kabel), maka selanjutnya tinggal diklik pada icon web browser tersebut yang ada di desktop atau dapat dimulai dari Start > pilih All Program > pilih Mozilla Firefox.

 

E.      Menyimpan dan Mendownload

Halaman web dalam program web browser dapat disimpan ke dalam file di komputer kita. Ini bertujuan agar nantinya halaman web tersebut dapat dibuka kembali tanpa melakukan koneksi ke internet (work offline). Caranya: klik menu Files > pilih Save As > lalu tentukan lokasi dalam Save in > pilih directory dan folder yang diinginkan > pada kotak File Name ketik nama file (atau biasanya nama halaman web telah tersedia) > klik Save untuk menyimpan.

Download adalah proses pengambilan informasi berupa file, data atau program yang disediakan oleh sebuah situs web dan menyimpannya ke dalam komputer anda. Tipe file hasil download biasanya berekstensi PDF (dari aplikasi acrobat reader), ekstensi PPT (dari aplikasi power point), DOC (dari aplikasi MS-Word), HTM atau HTML merupakan ekstensi dari file HTML dan lain sebagainya. Ada pula file-file hasil download berupa gambar yang mempunyai format data JPG, JPEG, TIFF, GIF; dan lain sebagainya.

Sebelum mendownload, pastikan komputer kita telah memiliki software untuk mendownload, seperti misalnya IDM (Internet Download Manager). Adapun cara mendownload adalah:

1.      Perhatikan terlebih dahulu link atau icon dalam halaman web yang menunjukkan bahwa itu akan mengarah pada kandungan file baik itu file data maupun program.

2.      Klik link atau icon tersebut.

3.      Selanjutnya akan muncul kotak dialog file download, klik tombol Save untuk mulai download.

4.      Kotak dialog Save as akan muncul, ketik nama file yang diinginkan, lalu klik Save.

 

F.      Mencetak Halaman Web

Halaman web dapat langsung kita cetak dengan langkah sebagai berikut :

1.      Pilih menu File pada menubar kemudian klik Print

2.      Setelah itu akan tampil kotak dialog Print

3.      Anda dapat memilih jenis pinter yang akan digunakan serta jumlah dan halaman yang akan diprint pada select printer

4.      Kemudian klik button print pada bagian bawah kotak dialog untuk mencetak file.

Untuk mengantisipasi kesalahan cetak, anda dapat melihat file hasil cetakan di layar terlebih dahulu sebelum file tersebut dicetak ke printer. Langkahnya adalah sebagai berikut :

1.      Pilih menu File pada menubar

2.      Kemudian klik Print Preview

3.      Setelah itu akan tampil hasil cetakan dalam layar yang ditampilkan perhalaman seperti gambar berikut ini.

4.      Apabila tampilan cetakan pada layar itu sesuai dengan harapan, maka klik tombol Print untuk mulai mencetak.

 

G.     Web Mail (E-Mail)

E-Mail (Electronic Mail) adalah surat elektronik. Sebenarnya sebutan ini  kurang begitu tepat, karena pada kenyataannya e-mail jauh lebih efektif, lebih aman, dan lebih cepat dari surat biasa. Adapun keunggulan E-mail adalah: E-mail menjamin komunikasi yang lebih aman. E-mail tidak membedakan jarak dan waktu, dapat mengirim langsung kepada beberapa penerima, lebih efektif dan efisien (lebih murah).

Aplikasi Email gratis berbasis web. antara lain: google mail (G-Mail), Plasa, Yahoo, Graffiti, Hotmail, Rocketmail, dll. Langkah-langkah membuat e-mail tergantung layanan e-mail yang dipilih. Cara mendaftar e-mail di G-Mail agak sedikit berbeda dengan di Yahoo, namun pada prinsipnya sama, kita tinggal mengikuti perintah/instruksi yang tertera di halaman web.

 

H.     PubMed

PubMed merupakan sebuah bibliografi (layanan dari National Library of Medicine), yang diproduksi oleh National Centre for  Biotechnology Information (NCBI). NCBI adalah suatu institusi yang konsen sebagai sumber informasi perkembangan biologi molekuler, dengan membuat database yang dapat diakses oleh publik, merangsang riset biologi terkomputasi, mengembangkan software penganalisis data genome, dan menyebarkan informasi biomedical

PubMed memuat database medline sebagai bagian utama, yang menyediakan lebih dari 20 juta kutipan artikel-artikel biomedis, dengan menyertakan link ke banyak situs, dan menyediakan teks lengkap dari artikel dan sumber-sumber yang berhubungan. PubMed mulai dioperasikan sejak tahun 1950-an sampai dengan sekarang.

Apabila kita akan mengakses PubMed, maka yang kita buka adalah situs NCBI (www.ncbi.nlm.nih.gov). Beberapa menu yang disediakan oleh NCBI yang populer selain PubMed antara lain BLAST, Gene, Genome, Nucleotide, Protein dan SNP, dan Pubmed central. Dari menu-menu tersebut, kita dapat mengakses jurnal maupun artikel (dari seluruh dunia), yang dapat kita jadikan sebagai referensi dalam menyusun laporan penelitian maupun karya ilmiah yang lain.

Selain PubMed, menu lain yang sering digunakan yaitu PubMed Central (PMC), adalah tempat arsip digital jurnal bebas/gratis yang disediakan oleh Institut Kesehatan Nasional AS (National Institutes of Health-NIH) yang menyediakan literatur ilmiah di bidang biomedik dan ilmu hayat.

 

I.      Portal Garuda

Garuda (Garba Rujukan Digital) merupakan suatu portal penemuan referensi ilmiah dan umum karya bangsa Indonesia, yang memungkinkan akses e-journal dan e-book domestik, tugas akhir mahasiswa (skripsi, tesis, dan disertasi), laporan penelitian, patent, prosiding, Standar Nasional Indonesia (SNI), dan Pidato pengukuhan guru besar para akademisi dan peneliti. serta karya umum.

Portal Garuda dikembangkan oleh Direktorat Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Dikti dan Kemdikbud RI, dan didukung oleh berbagai perguruan tinggi (negeri maupun swasta) di Indonesia. Dapat diakses melalui http://garuda.dikti.go.id.

Sama halnya dengan PubMed (NCBI), Portal Garuda menyediakan akses untuk menghubungkan pengguna dengan web penyedia informasi.

______________________________________________________________________

One thought on “Pengenalan Internet

    Hello colleagues, how is the whole thing, and what you want to say
    on the topic of this paragraph, in my view its actually awesome
    designed for me.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s