Pemrosesan Alat-Alat Medis (1)

Posted on Updated on

Oleh: Gita Kostania

Proses pertama pada peralatan/instrument yang telah digunakan adalah dekontaminasi. Dekontaminasi dilakukan untuk mengamankan instrument dari bahan-bahan yang mungkin mengandung mikroorganisme yang membahayakan kesehatan. Proses ini dilakukan dengan merendam instrument dalam larutan klorin 0,5%. Setelah ini instrument baru dianggap aman untuk disentuh. Petugas yang melaksanakan harus memakai sarung tangan tebal/rumah tangga (sebagai pengaman ganda). Proses selanjutnya adalah pencucian, dimana instrument dibersihkan dengan sabun, sikat dan air hingga bersih (termasuk bagian engsel, bergigi atau permukaan kasar). Kemudian instrument dikeringkan dengan kain bersih, disusun dan diseleksi ulang. Sebelum dimasukkan ke dalam wadah untuk proses sterilisasi dilakukan pembungkusan untuk instrument tertentu, sedangkan instrument lain dibiarkan terbuka.

Instrumen yang diproses dengan DTT (direbus), umumnya tidak dilakukan pembungkusan, hanya dilakukan pembungkusan dengan kain apabila prosesnya dilakukan dengan uap air panas (pengukusan). Setelah semua proses selesai, letakkan instrument pada tempat yang telah disediakan (steril dan DTT) dan biarkan hingga dingin. Ambil dan susun kembali pada tempat penyimpanan instrument (bila tidak segera dipkai) atau dapat segera digunakan apabila memang diperlukan.

Apabila terjadi kebocoran tempat instrument, tutup penyimpanan terbuka atau terjadi gangguan saat terjadi proses cuci hama (aliran listrik putus, uap air kurang, volume air kurang mencukupi atau tertumpah, dll) maka proses sterilisasi dan DTT harus diulang dari awal.

Gambar Skema Prosedur Pemrosesan Alat

Pemrosesan Alat

Kerangka Gambar Posedur Pemrosesan Alat:

     Otoklaf tanpa terbungkus 20 menit, terbungkus 30 menit. 106 Kpa 1210 C (2500 F)

     Oven 1700 C (3400 F) selama 60 menit, 1600 C (3200 F) selama 120 menit

     Instrumen yang terbungkus dalam keadaan steril dapat disimpan dalam wadah steril atau DTT dengan tutup rapat selama 2 minggu, atau segera dipakai.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s