KONSEP DASAR KOMPUTER

Posted on Updated on

I.     TUJUAN PEMBELAJARAN

Mahasiswa dapat menjelaskan konsep dasar komputer.

 

II.    POKOK BAHASAN

A.  Definisi Komputer

B.  Klasifikasi Komputer

C.  Sistim Komputer

D.  Program Aplikasi Komputer

 

III.  URAIAN MATERI

A.   Definisi Komputer

Komputer merupakan suatu perangkat elektronika yang dapat menerima dan mengolah data menjadi informasi, menjalankan program yang tersimpan dalam memori, serta dapat bekerja secara otomatis dengan aturan tertentu. Komputer berasal dari bahasa latin computare yang mengandung arti menghitung. Karena luasnya bidang garapan ilmu komputer, para pakar dan peneliti sedikit berbeda dalam mendefinisikan termininologi komputer.

1.     Menurut Hamacher

Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.

2.    Menurut Blissmer

Komputer adalah suatu alat elektonik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut: menerima input, memproses input tadi sesuai dengan programnya, menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan, menyediakan output dalam bentuk informasi.

3.    Menurut Fuori

Komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.

 

 

B.    Klasifikasi Komputer

1.     Berdasarkan Sinyal Masukan (Pengolahan Data)

a.      Komputer Analogà menerima sinyal masukan berupa data analog, jenis data kontinyu (bukan angka, tapi fisik).

Contoh : komputer penghitung arus listrik, temperature, kecepatan, tekanan, aliran BBM dalam SPBU

b.      Komputer Digitalà mernerima masukan digital, merupakan komputer

kebanyakan yang kita kenal. Data berupa angka dan huruf, lebih cepat, lengkap dan kompleks, serta dapat menyimpan data.

c.      Komputer hybridà menerima masukan analog dan digital.

2.    Berdasarkan Tujuan Pembuatan (Penggunaan)

a.      General Purpose, merupakan komputer yang dikembangkan untuk kebutuhan umum. Contoh : PC (personal computer), Notebook, dll

b.      Special Purpose, merupakan komputer yang dikembangkan untuk kebutuhan khusus. Contoh : komputer khusus untuk bermain catur, dll.

3.    Berdasarkan Ukuran

Berdasarkan ukuran fisik dan kapabilitasnya, komputer dapat diklasifikasikan menjadi:

a.      Komputer mikro, berukuran kecil, biasanya dipergunakan oleh satu orang. Contoh: PC, Notebook, Palmtop, PDA, dll.

b.      Komputer Mini, berukuran lebih besar, biasa digunakan untuk kebutuhan pekerjaan yang lebih besar juga. Contoh : komputer Alfa, dll.

c.      Super computer, merupakan komputer berkinerja amat tinggi, biasanya untuk memenuhi kebutuhan pemprosesan yang amat besar. Contoh : Cray, DeepBlue, EarthSimulator, dll.

C.   Sistem Komputer

Untuk mewujudkan konsepsi komputer sebagai pengolah data guna menghasilkan suatu informasi, maka diperlukan sistem komputer (computer system) yang elemennya terdiri dari hardware, software dan brainware. Ketiga elemen sistem komputer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk kesatuan. Hardware tidak akan berfungsi apabila tanpa software, demikian juga sebaliknya. Dan keduanya tiada bermanfaat apabila tidak ada manusia (brainware) yang mengoperasikan dan mengendalikannya.

1.     Hardware (Perangkat Keras), merupakan rangkaian elektronika. Perangkat keras komputer secara garis besar terdiri atas tiga komponen utama (CPU/ processor, memory, dan input-output device).

a.      Processorà merupakan bagian dari perangkat keras komputer yang melakukan pemprosesan aritmatika dan logika serta pengendalian operasi komputer secara keseluruhan. Prosesor terdiri atas dua bagian utama, yaitu ALU (Arithmetic Logic Unit) dan Control Unit. Kecepatan kerja prosesor biasanya ditentukan oleh kecepatan clock dari Control Unit-nya.

b.      Memoryà berdasarkan fungsinya dibagi menjadi dua yaitu: memori primer dan memori sekunder.

1)     Primary Memory, dipergunakan untuk menyimpan data dan instruksi dari program yang sedang dijalankan. Biasa juga disebut sebagai RAM. Karakteristik dari memori primer adalah:

      Volatil (informasi ada selama komputer bekerja. Ketika komputer dipadamkan, informasi yang disimpannya juga hilang)

      Kecepatan tinggi

      Akses random (acak)

      Input dan Output Device memori

2)    Secondary Memory, dipergunakan untuk menyimpan data atau program biner secara permanen. Karakteristik dari memori sekunder adalah:

      Non volatil atau persisten

      Kecepatan relatif rendah (dibandingkan memori primer)

      Akses random atau sekuensial

      Contoh memori sekunder : floppy, harddisk, CD ROM, magnetic tape, optical disk, dll. Dari seluruh contoh tersebut, yang memiliki mekanisme akses sekuensial adalah magnetic tape.

c.      Input-Output Device, merupakan bagian yang berfungsi sebagai penghubung antara komputer dengan lingkungan di luarnya. Dapat dibagi menjadi dua kelompok, yaitu:

1)   Input Device (Piranti Masukan), berfungsi sebagai media komputer untuk menerima masukan dari luar. Beberapa contoh piranti masukan: keyboard,  mouse, touch screen, scanner, camera, modem, network card, dll.

2)  Output Device (Piranti Keluaran), berfungsi sebagai media komputer untuk memberikan keluaran. Beberapa contoh piranti keluaran: monitor, printer, speaker, plotter, modem, network card, dll.

2.    Software (Perangkat Lunak), merupakan program yang dijalankan pada computer.

Perangkat lunak dapat diklasifikasikan sebagai berikut:

a.      Sistem Operasi, merupakan perangkat lunak yang mengoperasikan komputer serta menyediakan antarmuka dengan perangkat lunak lain atau dengan pengguna. Contoh sistem operasi : MS DOS, MS Windows (dengan berbagai generasi), Macintosh, OS/2, UNIX (dengan berbagai versi), LINUX (dengan berbagai distribusi), NetWare, dll.

b.      Program Utilitas, merupakan program khusus yang berfungsi sebagai perangkat pemeliharaan komputer, seperti anti virus, partisi hardisk, manajemen hardisk, dll. Contoh produk program utilitas : Norton Utilities, PartitionMagic, McAfee, dll.

c.      Program Aplikasi, merupakan program yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan yang spesifik. Contoh : aplikasi akuntansi, aplikasi perbankan, aplikasi manufaktur, dll

d.     Program Paket, merupakan program yang dikembangkan untuk kebutuhan umum, seperti :

1)      Pengolah kata /editor naskah : Wordstar, MS Word, Word Perfect, AmiPro, dll

2)     Pengolah angka / lembar kerja : Lotus123, MS Excell, QuattroPro, dll

3)     Presentasi : MS PowerPoint, dll

4)     Desain grafis : CorelDraw, PhotoShop, dll

e.      Bahasa Pemprograman, merupakan perangkat lunak untuk pembuatan atau pengembangan perangkat lunak lain. Bahasa pemprograman dapat diklasifikasikan menjadi tingkat rendah, tingkat sedang, dan tingkat tinggi. Pergeseran dari tingkat rendah ke tinggi menunjukkan kedekatan dengan ‘bahasa manusia’. Bahasa tingkat rendah (atau biasa disebut bahasa assembly) merupakan bahasa dengan pemetaan satu persatu terhadap instruksi komputer. Contoh bahasa tingkat tinggi : Pascal, BASIC, Prolog, Java dll. Contoh bahasa tingkat menengah : bahasa C. Seperti perangkat lunak lain, bahasa pemprograman juga memiliki pertumbuhan generasi.

3.    Brainware (SDM), manusia yang mengoperasikan dan mengendalikan system computer.

Terdapat berbagai peran yang dapat dilakukan manusia dalam bagian system komputer. Beberapa peran di antaranya adalah :

a.      Analis Sistem, berperan melakukan analisis terhadap permasalahan yang dihadapi, serta merancang solusi pemecahannya dalam bentuk program komputer.

b.      Programmer, berperan menerjemahkan rancangan yang dibuat analis kedalam bahasa pemprograman sehingga solusi dapat dijalankan oleh computer.

c.      Operator, bertugas menjalankan komputer berdasarkan instruksi yang diberikan

d.     Teknisi, bertugas merakit atau memelihara perangkat keran computer.

D.   Program Aplikasi Komputer

Program aplikasi komputer merupakan bagian dari perangkat lunak komputer (software). Beberapa program aplikasi, diantaranya:

1.       Perkantoran: Ms.office, open office

2.      Grafis: corel draw, GIMP, photoshop

3.      Multimedia: winamp, WMP, quick time

4.      Internet: internet explorer, mozilla firefox, opera

5.      Game: aneka game

6.      Bisnis: SPSS

7.      Utilitas: winrar, winzip, pixie (penangkap kode gambar)

8.      Keamanan: antivirus

9.      Pengembang (membuat dan mengedit CSS): topstyle, XAMPP for windows, adobe dream weaver

10.    Jaringan (mengelola tugas internet): IDM

11.     Komunikasi: mozilla thunderbird (membaca email)

 IV.  RANGKUMAN

Komputer merupakan salah satu alat yang digunakan untuk dapat membantu kerja manusia, disamping itu komputer memiliki komponen pendukung untuk mengoperasikannya. Komponen pendukung itu dapat berupa hardware, software dan brainware. Untuk dapat menggunakannya, ketiga komponen tersebut ada, karena semuanya saling berkaitan satu sama lain.

 V.   REFERENSI

1.      V. Carl Hamacher, Zvonko G. Vranesic, Safwat G. Zaky, Computer Organization (5th Edition), McGraw-Hill, 2001.

2.     Robert H. Blissmer, Computer Annual, an Introduction to Information Systems 1985-1986 (2nd Edition), John Wiley & Sons, 1985.

3.     William M. Fuori, Introduction to the Computer: The Tool of Business (3rd Edition), Prentice Hall, 1981.

 VI.  EVALUASI

1.      Bagaimana menurut anda tentang definisi komputer ?

2.     Sebutkan klasifikasi komputer berdasarkan pengolahan data !

3.     Jelaskan tiga elemen sistim komputer !

4.     Jelaskan yang dimaksud dengan sistem operasi pada komputer !

5.     Sebutkan program aplikasi komputer !

Selanjutnya….slide PPT……  1-KonsepDasarKomputer

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s