Cuci Tangan

Posted on Updated on

Oleh: Gita Kostania

Pada bahasan ini, difokuskan pada prinsip-prinsip cuci tangan, cara yang penting tentang pengendalian infeksi. Dalam istilah promosi kesehatan yang positif, cuci tangan menjadi satu-satnya prosedur klinis paling utama : tangan adalah jalur terpenting terjadinya infeksi silang ( cross-infection ). Mencuci tangan dengan sabun dan air memindahkan hamper semua bakteri sementara (transient) tetapi tidak mengurangi banyaknya bakteri yang tinggal (resident) : Staphilococcus aureus, dengan beberapa jumlah yang signifikan.

hand-washDefinisi

            Cuci tangan adalah proses dengan semua permukaan tangan digosok bersama-sama dengan penuh tenaga (vigourously) menggunakan satu agen pembersih yang sesuai dan dibilas di bawah air mengalir dengan tujuan memindahkan sejumlah mikroorganisme yang mungkin. Ada dua prosedur yang dapat diikuti : medical scrub dan surgical scrub. Cuci tangan medis/biasa digunakan untuk teknik aseptic, dan cuci tangan bedah digunakan saat penyikatan pada prosedur operasi dan merupakan prosedur yang lama dengan menyertakan tangan dan lengan.

Perawatan Tangan Umum

1.      Memeriksa tangan : terpotong, luka goresan, kutikula. Hal tersebut menngkatkan risiko dari infeksi bagi tenaga medis, dan harus ditutup dengan plester

2.      Memelihara kuku yang pendek dan terkikir. Kuku yang panjang atau kasar dapat menggaruk pasien wanita dan bayi, serta mengantarkan infeksi, kotoran dan pengeluaran (secret), yang mungkin ditemukan di bawah kuku sebagai tempat persembunyian mikroorganisme

3.      Menggunakan pelembab tangan secara teratur mencegah kering dan pecah.

Indikasi untuk Cuci Tangan

1.      Sebelum dan setelah kontak dengan kulit pasien wanita atau bayi atau cairan tubuh

2.      Sebelum melakukan teknik aseptic

3.      Sebelum memegang makanan

4.      Saat terlihat menjadi kotor

5.      Setelah keluar dari kamar kecil

6.      Setelah kontak dengan alat-alat yang kotor dan berpotensi tercemar/terkontaminasi

7.      Setelah melepas sarung tangan

Prinsip Cuci Tangan

1.      Mempertimbangkan semua peralatan sebagai hal yang tercemar: minimal tentang memegang kran, mengeluarkan sabun, sinks, mengeringkan alat-alat, terutama setelah mencuci, dengan menggunakan pedal bins, disarankan menyikut kran.

2.      Menghindari memakai perhiasan. Cincin meningkatkan banyaknya mikroorganisme yang ditemukan di tangan. Perhiasan mempersulit membersihkan tangan secara menyeluruh.

3.      Menggunakan air mengalir, dan mengatur aliran untuk kenyamanan. Menghindari percikan air, terutama di atas pakaian, mikroorganisme mungkin ditransfer dan berkembangbiak di dalam uap lembab.

4.      Menggunakan sabun yang sesuai dan berbusa. Sabun akan mengemulsi lemak dan minyak, serta menurunkan ketegangan permukaan, membuat lebih mudah dibersihkan.

5.      Menggunakan gerakan yang melingkar, menganjurkan menggosok dan menggesek. Hal ini melepas dan memindahkan kotoran dan mikroorganisme sementara (transient).

6.      Menggunakan handuk kertas disposibel untuk mengeringkan tangan. Hal ini meminimalkan penyebaran mikroorganisme dibandingkan dengan pengering udara panas dan handuk.

Peran dan Tanggung Jawab Bidan

1.      Mengenali kapan harus cuci tangan

2.      Mampu melakukan medical atau surgery scrub dengan tepat.

Prosedur Cuci Tangan Biasa / Medical Scrub

            Untuk cuci tangan yang berlaku di masyarakat/rumah tangga, pada umumnya cukup menggunakan sabun, tangan dicuci minimal 30 detik. Untuk cuci tangan aseptic, cairan antiseptic yang digunakan : 4% clorhexidine solution, dengan mencuci sedikinya 1 menit.

1.      Siapkan peralatan yang dibutuhkan

2.      Lepas perhiasan yang menempel di jari dan tangan

3.      Basahi kedua tangan dengan menggunakan air mengalir, gunakan sabun secara merata pada kedua tangan

4.      Gosok kedua tangan dan jari

5.      Gosok punggung tangan secara bergantian

6.      Gosok sela jari dengan jari-jari tangan yang berlawanan, lakukan secara bergantian

7.      Gosok punggung jari secara bergantian

8.      Gosok ibu jari secara bergantian

9.      Gosok ujung jari pada telapak tangan secara bergantian

10.    Genggam pergelangan tangan dengan menggosok-gosok di sekitar pergelangan tangan secara bergantian

11.    Bilas kedua tangan dengan air bersih yang mengalir

12.    Matikan kran dengan menggunakan siku

13.    Keringkan tangan dengan handuk bersih atau tisyu.

Prosedur Cuci Tangan Bedah / Surgical Scrub

1.      Siapkan peralatan dan bahan yang dibutuhkan

2.      Lepas perhiasan yang menempel di jari dan tangan

3.      Basahi kedua tangan dengan menggunakan air mengalir sampai siku, gunakan sabun kea rah lengan bawah, lakukan hal yang sama pada tangan yang lain

4.      Bersihkan kuku dengan pembersih kuku atau sikat lembut kea rah luar, kemudian bersihkan jari hingga siku dengan gerakan sirkuler dengan spon. Mengulangi hal yang sama pada lengan yang lain. Lakukan minimal selama 2 menit.

5.      Membilas tangan dan lengan secara terpisah dengan air mengalir, setelah bersih tahan kedua tangan mengarah ke atas sebatas siku, jangn biarkan air bilasan mengalir ke area bersih

6.      Menggosok seluruh permukaan kedua belah tangan, jari dan lengan bawah dengan antiseptic minimal selama 2 menit

7.      Membilas setiap tangan dan lengan secara terpisah dengan air mengalir, setelah bersih tahan kedua tangan mengarah ke atas sebatas siku, jangan biarkan air bilasan mengalir ke area bilasan 

8.      Menegakkan kedua tangan ke arah atas dan jauhkan dari badan, jangan sentuh permukaan atau benda apapun

9.      Mengeringkan tangan menggunakan handuk steril atau diangin-anginkan , seka tangan dimulai dari ujung jari hingga siku. Untuk tangan yang berbeda gunakan sisi handuk yang berbeda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s